Tuesday, December 23, 2008

Laskar Pelangi


Finally…gw ntn jg nih pelem. Dengan berbekal rayuan maut akhirnya aku berhasil mengajak Dewi ntn pelem ini utk yg kedua kalinya hihi. Ga pa pa deh dibilangin ketinggalan, yg penting ditonton toh..

Pertama sih sbnrnya gw udh mewanti-wanti diri gw sendiri kalo ntn film indonesia brati jangan berharap banyak. Trus gw juga tau kalo film yang di adaptasi dari novel suka mengecewakan, kadang suka gak sesuai dengan bukunya. So dgn berbekal perut kenyang and beli minum doang, gw tontonlah film ini. Ternyata more than I expected. Bagus banget filmnya. Ada kelucuan, ada kesedihan, ada pemikiran ttg hidup. Ada saat-saat mataku berkaca-kaca, ada saat-saat tawaku terdengar. The cast is okay walopun Tora agak keteter dgn logatnya, harusnya melayu malah gw dgr kayak logat Bali hehe…

Habis menonton film ini, gw merasa gembira sekaligus sedih. Gembira karna gw merasa Tuhan baik banget sama gw dengan keadaan gw yang sekarang. Gak susah dapat sekolah, gak susah dapet kerjaan, gak susah cari makan. Malah kadang kita suka buang apa yang menurut orang sangat berharga. Sedih karna tahu ternyata masih banyak anak2 yang sangat miskin yang membutuhkan sekolah dan belajar agar lebih maju. Coba bayangkan apa rasanya ada anak yg sepintar Lintang, bukan pintar, tapi genius, tp karna keadaan jadi tidak bisa meneruskan sekolahnya karna harus menghidupi adik2nya. Miris memang…

Akhirnya gw memutuskan untuk membaca bukunya. Lembar pertama adalah pujian2 orang utk laskar pelangi. Gw skip, soalnya gak mau mempengaruhi bacaan gw. Kalo baca pujian itu kadang suka kecewa kalau ternyata bukunya gak sebagus pujiannya. Mulailah membaca bab pertama, cara dia melukiskan segala sesuatunya sangat apik, beda dengan tulisan yang lain. Gw jadi tertarik dan terus mengikutinya.

Kesimpulan : Bukunya bagus sebagus filmnya ( ya iya lah..semua org jg udh tau heheh…) walaupun ada bbrp bagian yang gak sama antar buku dan film tapi menurut gw film tersebut menunjang bukunya. Sangat memvisualisasikan buku tsb. Seperti kata Andrea Hirata, kalau kamu menyukai novelnya, kamu akan menyukai filmnya dengan cara yang berbeda.
Aku bersyukur dengan hidupku. Thanks utk buku & filmnya

2 comments:

  1. kalo menurutku, filmnya gak sebagus yang di buku, di pelemnya ada beberapa bagian yg soulnya gak pas banget.

    Walau gimanapun aku tetep acungin jempol buat Laskar Pelangi. *bukunya lho*

    ReplyDelete
  2. setuju ama dhie ama mbak lin boleh nggak...hehhehe

    ReplyDelete

Your comments makes me Happy as always...
Thanks a lot yak!!!